Tips Cara Meraih/Mendapatkan Sholat Khusyu’/Khusyuk

Semua orang yang mengaku beragama islam wajib minimal paling tidak menunaikan ibadah sholat wajib lima waktu setiap hari, yaitu sholat shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Sholat merupakan tiang agama yang wajib dijaga oleh setiap umat muslim di seluruh dunia baik yang muda maupun tua, yang miskin maupun kaya, yang sehat maupun yang sakit, yang bodoh maupun yang pandai, dan lain sebagainya.
Dalam melaksanakan ibadah sholat diharuskan untuk mengikuti tata cara sholat yang baik mulai dari wudhu, niat, gerakan, tuma’ninah, kekhusyu’an, dan lain-lain. Sholat yang asal-asalan akan memperbesar resiko ibadah solat kita tidak diterima oleh Allah SWT. Diharapkan seluruh umat muslim untuk selalu memperbaiki sholatnya dari waktu ke waktu dengan mempelajari ilmu ibadah dari sumber yang bisa dipercaya dan dijadikan panutan dengan dasar Hadits Nabi Muhammad SAW dan tuntunan para imam besar.

Salah satu hal yang cukup penting dalam ibadah sholat baik yang sunah maupun yang wajib adalah khusyu’. khusyuk adalah konsentrasi penuh dalam menjalankan ibadah sholat dengan pikiran berhubungan dan berserah diri kepada Allah SWT serta mampu menikmati setiap detik dari sholat tanpa gangguan pikiran dari hal-hal lain yang bersifat keduniawian. Berikut ini merupakan beberapa kiat-kiat untuk kaum muslimin dan muslimat untuk dapat mencapai ibadah sholat yang khusyu :

1. Pusatkan Pikiran Hanya Kepada Allah SWT

Netralkan pikiran anda dari berbagai hal-hal yang berbau dunia mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, sekolah, kampus, harta, tahta, wanita, pria, dan lain sebagainya. Serahkan diri anda sepenuhnya hanya kepadaNya untuk menjalankan kewajiban yang diperintahkan kepada kita.

2. Menyadari Bahwa Kita Sedang Menghadap Tuhan

Ciptakan suatu alam pikiran di mana kita sedang berhadapan dengan sesuatu yang luar biasa dahsyat dan tiada tandingannya di dunia maupun di akhirat. Sesuatu yang lebih dari atasan kita, orangtua kita, preman kampung, lurah, camat, bupati, walikota, gubernur, presiden, artis, jin, setan, iblis, malaikat, dan lain sebagainya.

3. Mempelajari dan Memahami Arti dan Makna Bacaan Sholat

Pelajarilah arti dan makna di balik ucapan-ucapan kita saat sedang sholat, lalu pahami dan hapalkan. Munculkan arti dan makna bacaan sholat kita saat kita sedang sholat.

4. Menganggap Sholat Yang Sedang Dilakukan adalah Sholat Terakhir

Setiap manusia maupun jin tidak ada yang mengatahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian. Anggap saja kita akan meninggal dunia saat sholat berlangsung maupun setelah sholat. Orang mukmin yang tahu dia mau wafat maupun mau kiamat besar, maka orang itu akan segera meningkatkan ibadahnya serta menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

5. Jika Pikiran Terganggu Segera Kembali Konsentrasi

Apabila anda tiba-tiba tersadar bahwa anda sedang terlena dengan buaian alam pikiran dunia kita, maka bersegeralah kembali kepada arti dan makna bacaan sholat kita atau kembali mengingat Allah SWT.

6. Memperhatikan Kondisi Tubuh Sebelum Sholat

Pastikan bahwa kita sudah merasa nyaman dan siap untuk melaksanakan ibadah sholat kita dengan baik, seperti sudah buang air, sudah makan yang cukup, pikiran sudah netral, bersih dari najis dan hadas, tidak sedang menstruasi, dan lain sebagainya.

7. Memperhatikan Kondisi Lingkungan Sebelum Sholat

Usahakan cari tempat sholat yang terbaik bagi kita dilihat dari aspek kebersihan, kenyamanan, kebisingan, gangguan orang lain, gangguan anak-anak, keamanan, perizinan, dan lain-lain.

8. Sholat Tepat Waktu dan Tidak Terburu-Buru

Agar kita bisa sholat dengan khusyuk kita harus solat pada waktu yang paling utama, yaitu sholat tepat waktu di awal waktunya. Untuk laki-laki sholat berjamaah di masjid atau mushola setelah panggilan adzan dan komat, sedangkan untuk yang perempuan boleh dilaksanakan di rumah. Sholatlah dengan santai dengan menikmati setiap detiknya menghadap langsung kepada sang khalik walaupun sebenarnya anda sedang diburu waktu.

9. Ikhlas Semata-Mata Untuk Mendapatkan Ridho Allah SWT

Buang jauh-jauh tujuan sholat kita selain untuk mendapatkan ridho dari Alloh SWT seperti untuk pamer / riya, ingin dilihat atasan, ingin dilihat pacar, ingin dianggap orang sebagai orang alim, sekedar ikut-ikutan orang lain, dan lain sebagainya.

10. Berusaha Untuk Selalu Memperbaiki Sholat Kita

Muslim yang baik akan terpacu terus-menerus melakukan perbaikan ibadah maupun hal-hal yang lain untuk menyempurnakan dirinya sesuai dengan Al-Qur’an dan tuntunan hadist Nabi Muhammad SAW. Amatlah rugi apabila kita melakukan ibadah belum sesuai dengan kaidah yang ada serta tidak ada keinginan sedikit pun untuk belajar memperbaiki diri. (sumber)

InsyaAllah bisa bermanfaat, semoga bisa menambah ilmu dan Iman kita terhadap Allah SWT.. Kita lakukan sejak dini …

Sumber : http://www.hajsmy.us/2011/09/tips-cara-meraihmendapatkan-sholat.html#ixzz1kOY2CEfF

About these ads

47 Responses to Tips Cara Meraih/Mendapatkan Sholat Khusyu’/Khusyuk

  1. Sugeng mengatakan:

    Akan saya terapkan,,,

  2. syauqi mengatakan:

    terima kasih sahabat atas ulasannya, Insyaallah akan saya langsanakan!!!Jazzallahul khaira

  3. burhan mengatakan:

    mudah-mudahan saya bisa menerapkannya,, trims atas tips.a

  4. aria mengatakan:

    Sebenarnya Allah tidak membutuhkan sholat kita, tetapi kitalah yang butuh Allah melalui sholat, karena itu sholat kita harus hanya untuk Allah (Lillahi Ta’ala). Allah tidak butuh disembah, tetapi kita yang bergantung kepadaNya membutuhkanNya secara total
    sungguh besar manfaat sholat bagi kita….sangatlah rugi bagi yang meninggalkannya…
    tapi godaan malesnya itu luaaaar biasa banget…

  5. madaboutgame mengatakan:

    Baik ah blog ni

  6. madzaza mengatakan:

    Hmmm macm nk Solat kita ni

  7. aly mengatakan:

    assalamualaikum

    terimakasih atas infonya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

    wasalam

  8. fakir mengatakan:

    yang namanya sholat khusu’ itu cuma satu caranya yaitu sesuai dengan petunjuk-Nya.
    “aqimi as-sholata lidzikri” artinya : dirikanlah sholat untuk mengingat-ingat Aku (dzat yang wajibul wujud yang Allah asma-Nya), dengan cara mendzikiri-Nya (mengingat-ingat-Nya) kita bisa khusuk dan untuk bisa berdzikir dengan benar, tuhan memerintah kita lagi “fa as-aluu ahla ad-dzikri in kuntum laa ta’lamuuna” artinya : bertanyalah kamu kepada ahli dzikir jika kamu tidak tahu. sebab “udzkur robbaka fii nafsika tadzarru’an wa khifatan, duna jahri manal qouli”

  9. Syarif mengatakan:

    Syukron

  10. Ahmad ali mengatakan:

    Asslamualaikum wr.wb
    terimakasih atss tifs yg dibri kn smoga saya bisa melaksanakannya dgn baikk
    ..AMIN..
    Wasalam

  11. andri mengatakan:

    terima kasih atas petunjuk’y,,insyaallah saya terapkan..

  12. Abdul Azis mengatakan:

    trima kasih smoga shalat saya lebih khusyu lagi
    Amin..

  13. Hidayat Yaseen mengatakan:

    sholat itu kita sedang INNALILLAHHI WAINNAILAIHIROJIUN

  14. husein mengatakan:

    smoga pda akhirnya nanti Q akn bsa sholat dengan khusyu’!!! Amin!!

  15. nanadoank mengatakan:

    alhamdulillah… syukron ustadz

  16. jack (@jack_teza) mengatakan:

    trimakasih alhamdulillah.semoga saya bisa!

  17. Wahyu hadi mengatakan:

    Terima Ksih . . .
    Infrmsi Ne Sngat Brguna Bgi Saya. . :-)

  18. haeria himasena mengatakan:

    haturnuhun … alhamdulillah, smoga bisa jadikan sabar dan sholat sebagai penolong kita … :-)

  19. Akhmad_SH mengatakan:

    Subhanalloh betapa indahnya jika kita bisa sholat dgn khusyuk, kita bagaikan sdang menghadap illahi

  20. Rodi Hartono mengatakan:

    Matur tampi asih ping siu kali ring ragen ustaz puniku

  21. Ebil Saptian mengatakan:

    semoga bermanfaat

  22. yandi mengatakan:

    terima ksih

  23. iqbal wawan mengatakan:

    makasii banyak yaw atas pengertiannya, saya jadi berkeinginan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah swt, semoga saja amal ibadah kita di terima disisi Allah sw. . , amien.-

  24. muhammad iqbal kurniawan di pekalongan(stm moedikal) mengatakan:

    sebarkan terus dong cerita islami yg dpet membuat kita tersadar akan pentingnya kita beribadah kepada sang pencipta seluruh alam yaitu Allah swt, dan jangan lupa juga, kita harus selalu menjalankan perintah Allah swt dan mengikuti dan meniri akhlak nabi kita yaitu Nabi Muhammad saw. , :)

  25. Ade mulyana mengatakan:

    Alhamdulillah,smoga penjelesanya cara solat yg khusyu bsa sya terapkan dan dpat menjalankan solat dgn khusyu,..

  26. I'am Ridho Rifaldho mengatakan:

    makash,, infonya,,

  27. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

  28. ian mengatakan:

    assalamu’alaikum wr. wb
    terima kasih banyak atas infonya tersebut, kini saya dapat ilmu lebih tentang ke khusyukan sholat … sekali lagi terima kasih banyak. wassalam

  29. nur mengatakan:

    sahabat sayyidina ali jika sholat sangat khusyuk sekali, bahkan sampai2 pada waktu beliau sholat ada bencana gempa bumi diarab pada waktu itu..dan para jama’ahnya bubar semua dan tinggal sayyidina ali yang sholat sendirian dengn khusyuk sampai2 beliau tidak terasa sedikitpun bencana gempa bumi itu….semoga sholat kita bisa sekhusyuk sayyidina ali.

  30. pepep mengatakan:

    InsyaAllah……Smoga bermanfaat bwat saya, dan semuanya………
    Allah…………………………………………………………hu Akbar.!!!

  31. Akmal mengatakan:

    Terima kasih tips nya…sangat berguna. Izin copy ya utk catatan saya…

  32. Yustiza nirmala. mengatakan:

    Assalamualaikum ya.ALLAH HAMBA SELAMA INI SOLAT HAMBA BLUM KUSUK YA ALLAH HAMBA INGGIN MENGERJAKAN SOLAT KUSUk MUdahan amalan ini membantu hamba mengerjakan solat dgan kusuk ya allah .amin

  33. buhari mengatakan:

    assalammualaikum wr..wb.. trimakasih atsa panduannya,, smoga umat muslim bisa selalu di ridhoi oleh allah swt.. amin,amin,amin, ya robbal al-amin..

  34. coffera mengatakan:

    ass.ww
    sangat beruntunglah bagi orang yg bs mendapatkan nikmatnya Sholat yg khusyuk.
    saya sering gelisah, takut dan kuatir karna blm bisa mencapai kekusyukan dlm sholat.
    saya sering mencari apa penyebab sholat sy blm bs khusuk…? padahal saya menguasai
    bahasa arab, dan jg tau ilmu fiqih….sy berusaha dan berusaha terus mencari.
    perasaanku makanan yg sy makan halal? pakaian yg sy sandang bersih?
    Subhanallah…saya merasa blm bs bisa.
    semoga Tuhan memberi petunjuk….amien

  35. Heru mengatakan:

    TERIMAKASIH KEPADA PENULIS, INSYA ALLAH BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA. SEMOGA KITA SEMUA SELALU MENDAPAT PETUNJUK DARI ALLAH SWT….AMIN

  36. Amalia mengatakan:

    Jazakallah atas tipsnya semoga membawa berkah, izin copy ustadz

  37. Maul mengatakan:

    Insya’allah akan saya terapkan ,
    tpi ada slah satU penceramah yg bilang”sholat khusuk itU susah bgt,jdi s0lat nya gak harus khusuk tpi yg penting serius”, bgaimana itU ?

  38. Abubakar batjo mengatakan:

    panduan buku yang harus dibaca paling baik/bagus karangan siapa sesuai dengan hadis dan Alquran ?mohon ada penjelasannya tks

  39. SHOLEH mengatakan:

    bagaiman carny kalau pikiran kita tiba tiba tersadar mengingat hal hal keduniaan???
    pastinya mulailah ke tdak konsentrasi dalam sholat, karna terus berfikir pikiran z tadi sdah tdak sepenunuhnya ke pada allah???

  40. selai mengatakan:

    menggap sholat yang terakhir yang paling sering aku terapkan

  41. yadilia mengatakan:

    Semoga bisa menjadi lebih baik dari sblmnya

  42. zainal mengatakan:

    sip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: