Evaluasi diri dengan “Kemerdekaan RI ke 63 “

 

 

 

 

Walaupun terlambat mudah-mudahan menjadi bahan evaluasi khusus buat penulis dan umumnya buat rekan-rekan yang membaca tulisan ini:

Pahit getir rasanya jika kita mengungkap balik fakta sejarah masa lampau, dan tak ada apa-apanya pengorbanan kita jika dibandingkan dengan para pejuang terdahulu. 

Saat penjajah membabibuta, peluru tembus didada, diasingkan, ditawan, diborgol, dicambuk, difitnah di adudomba tak menciutkan nyali para pejuang, tak takut tubuh terkeping-keping, optimis dengan kemerdekaan yang pasti diraih di genggaman dengan darah yang mendidih semangat terus berkobar, bergerakmaju walau tak peduli siapa yang menikmati kelak, walau tak tau yang berjaya dimasa sekarang.

Berjuang tanpa pamrih sampai titik darah penghabisan, gak perlu medali emas, bonuz uang milyaran tidur di hotel mewah, walau semua hanya mengisahkan kenangan masa-masa kepahitan, kegetiran, kengerian, saat perang gerilya, para pejuang tak pernah menuntut balas atas jasa-jasanya , bersikap angkuh, sombong atau uring-uringan walaupun kurang perhatian dari pemerintah. Yang pasti para peteran perang mah tetap bangga menjadi Sang Perkasa. Luar Biasa….

Terlalu panjang kalau harus mengungkap jasa-jasa para pendahulu kita jauh jika dibanding dengan kita sekarang yang hanya tinggal AjEEEEEb ajeeeb!, yang sering lupa darimana enaknya jaman sekarang yang serba bebas serba puas serba ajeeeeb.

Kita sebagai ahli waris hasil jerih payah para pejuang itu, sudah semestinya sadar siapa diri kita, darimana kebebasan ini, ajeeeb, aman, tentram, damai.

Merdeka !!!

2 Responses to Evaluasi diri dengan “Kemerdekaan RI ke 63 “

  1. myryani mengatakan:

    merdeka lahir dan batin…🙂

  2. supono mengatakan:

    Saya mah merasa belum merdeka.
    Malahan merasa di jajah oleh bangsa sendiri.
    Mungkin kalau para pahlawan kita yang dulu berjuang mati2an melihat negara kita, mungkin dia menangis tersedu2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: